Home » Sekilas Gambaran Umum BAMAH

Sekilas Gambaran Umum BAMAH

BAMAH (BARISAN MUDA ARRABITHAH ALAWIYYAH)

LATAR BELAKANG

Alhamdulillah, puji sukur patut kita sampaikan kepada  Allah SWT, kernanyalah kita semua diingatkan kembali mengenai keberadaan  Rabithah  Alawiyyah, suatu ikatan keluarga besar  Alawiyyin di Cirebon Sewilayah III. Shalawat dan Salam tak lupa kita panjatkan kepada Sayyidul Wujud Muhammad Saw. Sejak didirikan sampai sekarang Rabithah Alawiyah telah mengalami banyak sekali tantangan dan hambatan. Semangat dari para sesepuh kita pada waktu itu harus kita hargai dan kita contoh  agar  kita  tidak kehilangan kendali dalam meneruskan perjuangan ajdaduna dalam menciptakan Ukhuwah.

Zaman ini Zaman Edan. Kehidupan umat pun semakin memprihatinkan. Makin terasingnya masyarakat dari ulama dan wawasan Islam. Sikap dan perilaku yang kian merosot, melempemnya mentalitas, dan juga terus mererebaknya gayahidup serba boleh kebarat-baratan yang jelas menabrak dan bahkan melecehkan hukum agama dan norma sosial. Banyak analisis memandang bahwa semua kejadian yang memilukan ini merupakan buah dari campur tangan kekuatan-kekuatan asing. Namun, memandang persoalan tersebut hanya sebagai kesalahan “pihak luar” tentu kurang bijaksana dan tidak menyelesaikan masalah. Kesalahan tentu saja bersumber dari keku- rangan dan kelemahan Muslimin sendiri. Tak dapat dipungkiri, kurang dan dangkalnya pemahaman keagamaan serta kebodohan kaum Muslimin lah merupakan pangkal dari “benang kusut” persoalan yang mendera kehidupan mereka.

Oleh karena itu “BAMAH” dari bidang kepemudaan Arrabithah Alawiyyah ini hadir bukan untuk menjadi Pahlawan, tapi paling tidak untuk membentengi agar umat tidak lagi gampang terpengaruh oleh budaya asing dan memahami kisah para leluhurnya terutama Alawiyyin.

VISI

Menjadi wadah penggerak dan pemersatu pemuda Alawiyyin di Indonesia khususnya di kota Cirebon Sewilayah III. Dengan berbasiskan Persaudaraan Muslim yang saling menyayangi.

MISI

1. Membina Ukhuwah Islamiyah antar pemuda Alawiyyin
2. Menciptakan Kader-Kader Alawiyyin sebagai insan dan pemimpin yang berakhlakul karimah.

FUNGSI

1. Menjadi Media / Alat Komunikasi antar yang Tua dengan yang Muda
2. Menjadi Motor / kaki / Support Rabithah Alawiyyah
3. Menjadi Generasi Penerus insya Allah

TUJUAN

1. Tegaknya Sebuah Masyarakat Alawiyyin yang islami dan terpimpin
2. Membangun Koordinasi diantara Alawiyyin di kota Cirebon sewilayah III
3. Membina Ukhuwah Islamiyah
4. Pelestarian Nasab
5. Meningkatkan kesadaran dan peran serta alawiyyin dalam kehidupan  bermasyarakat

PROGRAM

Dalam upaya mengusung visi dan misi serta mencapai tujuan yang telah digariskan, BAMAH (Barisan Muda Ar-Rabithah) menggulirkan beberapa ragam Program:

  1. Dalam Konteks membangun ukhuwah islamiyah serta menjalin tali silaturahmi antar pemuda Alawiyyin di kota Cirebon sewilayah III. Bamah mengadakan :
    • Touring (ke sesama, ke sesepuh, ziarah)
    • Pendekatan privat kepada pemuda Alawiyyin yang belum bergabung.
    • Olahraga (Futsal)
    • Kesenian (Gambus, Marawis)
  2. Dalam Konteks membangun Koordinasi dibidang Komunikasi dan Informasi antar Alawiyyin se kota Cirebon dan sekitarnya.
    • Pembuatan jaringan (mendirikan pos di beberapa wilayah Cirebon dan sekitarnya)
    • Touring (ajang Silaturahmi sebulan sekali antar wilayah)
  3. Dalam konteks Pendidikan
    • Pengajian Mingguan (adalah pengajian rutin dari Ar-Rabithah)
    • Pembuatan Buletin bulanan Ar-Rabithah
    • Mengadakan pertemuan triwulan, dalam kemasan pengajian yang mengundang seluruh Alawiyyin khususnya pemuda sewilayah Cirebon.

 

Terimakasih atas kunjungan nya.
Bamah Team

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritahu saya melalui email jika ada balasan komentar di artikel ini. Anda juga dapat berlangganan tanpa harus memberi komentar.