Home » Headline » SHALAT BERJAMAAH

SHALAT BERJAMAAH

Allah SWT tidak mensyariatkan shalat berjamaah, shalat Jumat, atau shalat ‘Ied, kecuali karena ada rahasia yang Allah letakkan dalam kumpulan manusia. Allah telah menjadikan untuk umat Muhammad shallallahu ‘alahi wa sallam saat-saat untuk berkumpul tiap tahun, tiap minggu dan tiap hari. Allah tidak mensyariatkan pertemuan-pertemuan itu dengan sia-sia. Allah mensyariatkannya tidak lain karena keistimewaan yang terdapat dalam tiap pertemuan.

Orang-orang yang memiliki pandangan mendalam berkata, “Hikmah shalat berjamaah adalah jika ada orang yang hatinya hudhur pada saat takbiratul ihram, ada yang hatinya hudhur pada saat membaca Qur’an, ada yang hatinya hudhur pada saat rukuk, dan ada yang hatinya hudhur pada saat sujud, maka Allah kemudian mengumpulkan gerakan-gerakan shalat yang hudhur tadi lalu menjadikannya satu shalat yang sempurna dan maqbul. Kemudian Allah menerima shalat semua orang tersebut.

Hb. Ali Alhabsyi

About bamah

BAMAH Barisan Muda Arrabithah Alawiyyah, suatu ikatan keluarga besar Alawiyyin di Cirebon Sewilayah III.

Check Also

Risalah Amman Fatwa Konferensi Ulama Islam Internasional plus download pdf

RISALAH ‘AMMAN KONFERENSI PERSATUAN ULAMA’ ISLAM INTERNASIONAL   Konferensi ini diadakan di Amman, Mamlakah Arabiyyah …

3 comments

  1. Kenapa islam berbeda pendapat?..

  2. #2
    Jawaad Alkaff Indonesia Mozilla Firefox Linux

    Bismillahirahmaanirrahiim.. Bi Haqqi Muhammad wa aali Muhammad.

    @Baem, intinya semua adalah mengenal Allah dengan benar, melalui dengan berbagai cara/jalan. Mulai dari Nabi Adam Alaihissalam hingga Nabi Muhammad Sallallahualaihi wa aali wa sallam mengajarkan Tauhid.
    “Laa ilaa ha illa Allah, Muhammad darasulullah.”

    Mengapa berbeda pendapat? Karena manusia ditakdirkan memiliki akal fikiran dan kebebasan memilih, yang nantinya akan dipertanggung jawabkan dihari kebangkitan.

    Wallahu a’lam bishowab.

  3. hanya orang orang yg jelas jelas munafiq saja yg sholat fardhu sendirian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritahu saya melalui email jika ada balasan komentar di artikel ini. Anda juga dapat berlangganan tanpa harus memberi komentar.