Home » Headline » Sehat ala Nabi – Kurma

Sehat ala Nabi – Kurma

Allah Swt telah melebihkan kurma dari buah-buahan yang lain. Allah menyebutkannya dalam Al-Qur’an dalam 20 tempat yang berbeda dengan memakai lafaz pohon kurma : an-Nakhl, an-Nakhiil dan an-Nakhlah. Kurma mendapat tempat istimewa dalam Al-Qur’an dan sebenar- benar perkataan adalah Kalamullah (Al-Qur’an Al-Karim). Allah telah menetapkan bahwasanya pohon kurma ada di bumi, kemudian Allah mengutamakannya dengan menyebutkan ciri- ciri pohon dan buah ini.

Allah Swt berfirman :
“Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yg berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanam-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebagian tanam-tanaman diatas sebagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yg demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.” (Q.S. Ar-Ra’du:4)

Buah kurma mengan- dung banyak manfaat, diantaranya kurma sangat dianjurkan bagi perempuan hamil dan yang akan segera melahirkan. Bahkan Allah memerintahkan Maryam binti ‘Imran untuk memakan buah kurma ini ketika ia sedang nifas.

Dokter Muhammad an-Nasimi dalam kitabnya, Ath-Thibb an-Nabawy wal ‘Ilmul Hadis (Pengobatan Ala Nabi dan Ilmu Modern) mengatakan :
“Hikmah dari ayat ini secara kedokteran adalah, perempuan hamil yang akan melahirkan itu sangat membutuhkan makanan dan minuman yang kaya akan unsur gula.

Hal ini karena banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan jabang bayi, terlebih lagi apalagi hal itu membutuhkan waktu yang lama. Kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah rasa sistolennya (kontradiksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi). Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam ruthab (kurma basah). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah untuk dicerna dengan cepat oleh tubuh”.

Keajaiban buah kurma dari Anas r.a., Beliau berkata, “Rasulullah Saw.  Berbuka  puasa  sebelum shalat dengan memakan kurma segar, kalau tidak ada  maka  dengan kurma kering, dan kalau tidak ada  beliau meminum beberapa teguk air”  (H.R. Abu Daud dan Tirmidzi).

Hal ini karena kurma mengandung semua unsur makanan pokok yg dibutuhkan tubuh yaitu gula, protein, lemak, mineral & vitamin.

Nabi Muhammad Saw dalam beberapa hadits menganjurkan kita untuk mengkonsumsi tujuh buahkurma. Dan ternyata, tujuh buah kurma ini bila ditimbang ada sekitar 100 gram yang mengandung :

Mineral berupa:
Potasium = 79 mg
Tembaga = 21 mg
Belerang = 65 mg
Besi = 5 mg
Magnesium = 65 mg
Mangan = 2 mg
Kalsium = 65 mg
Fosfor = 72 gr

Vitamin-vitamin :
Vitamin A = 60 IU
Vitamin B-1 = 0,08 mg
Vitamin B-2 = 0,05 mg

Gula = 75 gr
Serat selulosa = 4 gr
Air = 22,5 gr
Protein = 2,5 gr
Lemak = 2,5 gr

Pada pertengahan kedua abad ke-20, para ahli mengungkapkan adanya asam amino yang lain pada kurma. Ternyata, di 100 gr (7 kurma) dapat memberikan lebih dari 350 energi. Jadi nilai gizi kurma hampir sempurna. Kurma adalah rejeki yang beruntun, datang terus-menerus, tidak terputus sebagai rejeki dari Allah Swt untuk manusia.

About bamah

BAMAH Barisan Muda Arrabithah Alawiyyah, suatu ikatan keluarga besar Alawiyyin di Cirebon Sewilayah III.

Check Also

Konferensi Risalah Amman

Risalah Amman Fatwa Konferensi Ulama Islam Internasional plus download pdf

RISALAH ‘AMMAN KONFERENSI PERSATUAN ULAMA’ ISLAM INTERNASIONAL   Konferensi ini diadakan di Amman, Mamlakah Arabiyyah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritahu saya melalui email jika ada balasan komentar di artikel ini. Anda juga dapat berlangganan tanpa harus memberi komentar.