Home » Dunia Islam » Jerman Pelajari Manajemen Kerumunan Haji

Jerman Pelajari Manajemen Kerumunan Haji

MEKAH. Dua mahasiswa peraih gelar doktor di sebuah Universitas Jerman dalam waktu dekat akan mempertahankan proyek desertasi tiga tahun mereka yang bertema manajemen kerumunan Haji di Jembatan Jamrat.

Dua calon doktor ini mengatakan tertarik pada topik  mempelajari manajemen kerumunan yang  –sedikitnya 2,5 juta– jamaah di Jembatan Jamrat. Tak lain karena jumlah yang luar biasa padat bila dibanding dengan kerumunan terpadat ditempat-tempat dunia lain yang maksimal hanya mencapai 200 ribuan orang.

Proyek studi mereka fokus pada pengelolaan dan pemantauan pergerakan jamaah di Mina melalui layar TV super sensitif. Dalam desertasi tersebut, mereka juga mempelajari parameter dan pertimbangan yang diambil pemerintah Arab Saudi untuk penelitian juga fokus terhadap metode rasional yang digunakan untuk menghindari kerumunan pejalan kaki berdesakan hingga menginjak jamaah lain yang pernah terjadi di area Jamrat. Proyek besar sekaligus studi terhadap Haji dari prespektif Islam itu telah rupanya menggelitik mereka.  Kini,seperti yg dilansir oleh Saudi Gazette.com, keduanya tengah berpikir untuk memeluk Islam.

kerumunan_haji

About bamah

BAMAH Barisan Muda Arrabithah Alawiyyah, suatu ikatan keluarga besar Alawiyyin di Cirebon Sewilayah III.

Check Also

Konferensi Risalah Amman

Risalah Amman Fatwa Konferensi Ulama Islam Internasional plus download pdf

RISALAH ‘AMMAN KONFERENSI PERSATUAN ULAMA’ ISLAM INTERNASIONAL   Konferensi ini diadakan di Amman, Mamlakah Arabiyyah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritahu saya melalui email jika ada balasan komentar di artikel ini. Anda juga dapat berlangganan tanpa harus memberi komentar.